Selasa, 09 Desember 2014

PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN E-BUSINESS

TAHAP PERENCANAAN E-BUSINESS
1. Kasus klasik perlu menulis rencana bisnis adalah ketika sebuah proposisi bisnis baru perlu dibagi dengan orang lain.

2. Rencana bisnis mungkin perlu dilakukan dalam hubungannya dengan proses perencanaan strategis. dan

3. Rencana bisnis diperlukan bila rencana sebelumnya telah mencapai penggunaan-nya oleh tanggal.

Bagaimana rencana e-bisnis berbeda dari rencana bisnis lainnya? Pertama, harus dikatakan bahwa ada kesamaan yang jauh lebih daripada perbedaan. Sebuah bisnis adalah bisnis dan perencanaan adalah rencana, sehingga sebagian besar dari apa yang Anda harapkan untuk melihat dalam rencana bisnis juga akan berada dalam rencana e-bisnis. Selain menambahkan "e" untuk judul, apa yang beberapa perbedaan yang membuat menulis rencana e-bisnis yang berbeda dari menulis rencana bisnis?

     a) Internet adalah tidak seperti saluran penjualan lain.

Internet memungkinkan perusahaan untuk mendistribusikan informasi dengan kecepatan cahaya dan hampir nol biaya, untuk memperkenalkan model bisnis baru dan inovatif, untuk mengurangi biaya dan menghasilkan penghematan. Namun, Internet juga menciptakan informasi pasar yang lebih sempurna untuk keuntungan pelanggan, dan membuatnya lebih mudah bagi pesaing untuk menyerang pasar perusahaan. Jadi perbedaan pertama, dan terbesar, dalam e-perencanaan bisnis adalah kebutuhan bagi pengusaha untuk mengenali kemampuan yang berbeda dan unik dari Internet dan mulai berpikir secara berbeda, dan kreatif, tentang peluang dan masalah hadiah Internet.

    b) Internet adalah global.

Berada di Web berarti bisnis Anda akan terlihat oleh pemirsa internasional. Ini memperkenalkan kompleksitas untuk pilihan pembayaran (misalnya, menunjukkan harga dalam dolar AS atau mata uang lokal), Saluran distribusi, desain situs Web, dan logistik kembali produk.

    c) Etalase web tidak pernah tutup.

Berada di Web berarti toko Anda akan buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. E-bisnis rencana Anda harus menjelaskan perbedaan dalam Web hosting dan persyaratan layanan pelanggan.

    d) E-commerce dilakukan pada kecepatan internet.

Ini berarti bahwa penyebaran situs Web harus direncanakan dalam beberapa bulan, atau bahkan berminggu-minggu, bukan tahun. Pertama-penggerak keuntungan akan hilang jika perusahaan tidak bisa bergerak dengan kecepatan internet, dan bisnis rencana pembaca akan tahu itu.




6 Tahapan Pengembangan E-Business

Brochurware
perusahaan biasanya menggunakan internet sebagai medium untuk berpromosi (marketing). Satu arah
Jenis-jenis informasi standar yang biasa diletakkan dalam situs perusahaan adalah:????

Customer Interactivity
perusahaan mulai mengembangkan kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah (dialog) antara perusahaan dengan para konsumen
Contohnya adalah fasilitas..?

Transaction Enabler
pengembangan suatu aplikasi yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis secara elektronik (E-Commerce).

One-to-One Relationship
mekanisme yang memungkinkan terjadinya transaksi perdagangan antar individu

Real Time Organizations
bisnis non-stop 24 jam dimana seluruh transaksi telah diambil alih secara otomatis oleh komputer dimana secara real time calon penjual dan pembeli melalui situs perusahaan dapat bertemu dan melakukan transaksi saat itu juga

Communities of Interests
kemampuan perusahaan dalam membentuk sebuah komunitas di dunia maya, yang terdiri dari para konsumen dan rekanan bisnis yang saling bekerja sama untuk menciptakan value di internet 


contoh:

 Perkembangan bisnis global telah mendorong perkembangan e-business di Indonesia saat ini sangat cepat. Hal ini juga didukung adanya program-program yang telah mendukung implementasi e-bussiness di beberapa perusahaan. Tujuan utama dari penerapan e-business adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data di dalam perusahaan yang meliputi data-data sumberdaya manusia (karyawan), keuangan, supply chain atau logistik.
Perusahaan berharap bahwa dengan menerapkan e-business dalam sistem manajemen mereka maka dapat meningkatkan kinerja operasional perusahaan, meningkatkan peluang akses ke pasar, pendanaan dan pemasok serta meningkatkan efisiensi perusahaan. Selain itu juga dengan penerapan e-business diharapkan mampu mempererat hubungan dengan pelanggan dan mengetahui respon pelanggan terhadap perusahaan tersebut.
Pemanfaatan web, internet dan teknologi e-business sangat menjanjikan bagi sebuah perusahaan karena memungkinkan adanya transformasi cara-cara perusahaan berbisnis dan berkompetisi. Pada kenyataannya internet mampu membuka peluang bisnis bagi perusahaan yang secara mendasar dapat mempengaruhi transaksi bisnis perusahaan dan menciptakan cara atau strategi baru bagi perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Internet mampu menciptakan pemberdayaan individu, tipe-tipe komunitas baru dan cara-cara baru untuk menghadapi isu-isu sosial. Sebagai contoh e-marketplace mampu menjanjikan perubahan yang dinamis didalam industri.
Di Indonesia saat ini telah banyak perusahaan yang mengaplikasikan e-business dalam manajemen mereka. Banyak perusahaan yang telah mengadopsi sistem ERP tetapi belum bisa terintegrasi. Kebanyakan dari perusahaan tersebut menggunakan secara terpisah dan belum terintegrasi ke dalam proses bisnis perusahaan.

sumber:  http://ivandypramudianto.blogspot.com/2014/11/tahap-pembangunan-dan-perencanaan.html 
http://nick3rs.blogspot.com/2011/06/6-tahapan-pengembangan-e-business.html
 http://irma35e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2011/07/12/penerapan-e-business-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar